Selasa, 05 Januari 2010

RIWAYAT SINGKAT SEBUAH KOMUNITAS

SALAH SATU FOTO KEGIATAN COMPAAS DAN SEKAR WANGI ORGANIZER.
salah satu Organisasi Masyarakat yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945 yang kini sedang mengukir nama di dalam sebuah kelompok masyarakat maupun pemerintahan yaitu Community Pemuda Nusantara atau yang disingkat dengan COMPAAS, yang mana sepintas nama dari singkatan tersebut menyerupai salah satu media massa cetak yang ada di Indonesia.

awal mula terbentuknya Komunitas ini didasarkan pada sekumpulan anak- anak muda yang waktu SMAnya yang notabene memiliki latar belakang para Pecinta Alam yang berkumpul didalam sebuah tempat dan hampir setiap malam diwaktu berkumpul selalu menyampaikan pendapat, kritikan, sanggahan, informasi, dan lain - lainnya, yang akhirnya muncul sebuah ide untuk mendirikan sebuah Komunitas yang tujuannya untuk menghindarkan asumsi - asumi negatif dari masyarakat terhadap sekumpulan anak -anak muda ini.

setelah melakukan tukar pendapat maka terbentuklah nama pertama yang muncul COMPAAS tetapi dengan arti bukan yang ada pada saat sekarang ini. yang mana awalnya adalah Community Pencinta Alam Arek Pasar. Mengapa Arek Pasar??? pastilah muncul pertanyaan seperti itu. hal ini dikarenakan tempat berkumpul anak - anak tersebut ada di sebuah pasar,yaitu Pasar Banyuwangi di emperan Toko Sport. mungkin kalau para pembaca berasal dari Kota Banyuwangi pasti mengetahui tempat tersebut.

Setelah muncul nama tersebut selang beberapa bulan anak-anak community tersebut langsung melangsungkan kegiatan pertama di tahun 2007 yang berupa kegiatan bersih-bersih pasar dengan para peserta dari seluruh sekolah SMP/SMA yang ada di dalam Kota Banyuwangi.
kemudian komunitas ini sempat vakum selama beberapa bulan dikarenakan para anggotanya sibuk mau meneruskan menuntut ilmu yang lebih tinggi atau sibuk mencari pekerjaan.

Selang sekitar 2 bulanan dari vakum, komunitas ini mulai bangkit untuk meneruskan eksistensinya di masyarakat luas. dengan adanya keingingan dari setiap anggota untuk mengesahkan komunitas ini maka diajukanlah kehadapan Notaris yang mana sebelum pengajuan tersebut telah terjadi perubahan nama menjadi Community Pemuda Nusantara yang telah terbentuk sejak tanggal 20 Mei 2007 yang telah dilengkapi dengan AD/ART COMPAAS. dengan diketuai oleh Shandy Sumarsono dengan pembina I Wayan Suirtadana B.A

Kemudian setelah komunitas ini sah menurut hukum perundang-undangan yang berlaku dengan memiliki akta notaris yang jelas, maka banyak kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan yang mana setiap pelaksanaan pesertanya selalu melibatkan anak-anak sekolah yang ada di Banyuwangi.
kegiatan-kegiatan yang telah diadakan, antara lain :
1. kegiatan "Temu Lapang para Pecinta Alam" bertempat di kawasan Paltuding, Kawah Ijen pada tanggal 17 Agustus 2008.
2. kegiatan "Temu Wicara Dengan Para Veteran dan Sejarahwan" yang bertempat di pondok WINA pada tanggal 08 Agustus 2009.
3. kegiatan yang terakhir berupa "jalan Perjuangan Benculuk Banyuwangi" pada tanggal 13 Desember 2009 sekaligus memeriahkan Hari Jadi Banyuwangi.

Pada kegiatan yang terakhir ini panitia pelaksana berasal dari SEKAR WANGI ORGANIZER yang merupakan group dari COMPAAS. S.W.O sendiri diketuai oleh Mohammad Fatah Yasin Dengan pembina Rohmat Arifin. yang terbentuk pada tanggal 03 Desember 2009.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar